Senin, 09 November 2015

Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

          Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan sebuah sistem yang ada dalam suatu perusahaan untuk memproses berbagai data transaksi yang terjadi di perusahaan yang biasanya terjadi secara rutin. Sistem dalam SIA adalah sebuah sistem yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan akuntansi. Sistem dapat diartikan sebagai sekelompok unsur - unsur yang saling berhubungan erat satu sama lain yang berfungsi bersama sama untuk mencapai tujuan tertentu.
          Fungsi dari SIA yaitu memproses data dari transaksi menjadi suatu informasi yang berguna dalam proses pengambilan keputusan dan menjadi sebuah sistem control bagi perusahaan apakah perusahaan tersebut berjalan secara efisien dan efektif. Selain itu, SIA diperuntukan mengumpulkan data aktivitas perusahaan seperti transaksi baik transaksi keuangan maupun transaksi nonkeuangan. Operasional perusahaan yang baik bisa dilihat dari seberapa efisien kah SIA yang  yang diterapkan di perusahaan tersebut.
Hubungan SIA dengan akuntansi adalah data data yang diproses nya juga prosedur prosedur nya. Data yang diproses dalam SIA adalah data dari transaksi keuangan (input) yang dicatat lalu di proses sehingga menjadi sebuah laporan keuangan (output). Proses pencatatan sampai dengan pelaporan dalam SIA saat ini sudah terkomputerisasi (computerize). Persamaan antara SIA dan akuntansi adalah sama sama menghasilkan informasi yang berguna bagi penerimanya yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
          Output dari SIA adalah sebuah informasi. Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang berguna bagi penerimanya yang digunakan sebagai dasar keputusan. Informasi yang dihasilkan dari SIA ada IAK(Informasi Akuntansi Keuangan) dan IAM (Informasi Akuntansi Manajemen). Contoh dari IAK yaitu berupa laporan keuangan yang berguna bagi pihak eksternal seperti pemegang saham, pajak, dan untuk publikasi bagi perusahaan go public. Contoh dari IAM adalah laporan keuangan bagi internal perusahaan berguna bagi pihak manajemen perusahaan untuk pengambilan keputusan yang menyangkut perusahaan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar