Senin, 14 Desember 2015

E-Commerce

MATAHARImall.com

                MatahariMall.com merupakan e-commerce yang terbilang baru di Indonesia. Matahari Mall.com muali beroprasi pada tanggal 9 September 2015. MatahariMall.com merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang asli Indonesia. MatahariMall.com menyediakan lebih dari ratusan ribu produk dari segala kebutuhan. MatahariMall.com merupakan anak perusahaan dari Grup Lippo yang terkenal sebagai  usaha retail.
                MatahariMall.com terhubung dalam beberapa sistem, yaitu sistem pemesanan, sistem pembayaran kerjasama dengan bank, dan sistem kerjasama jasa pengiriman barang. Ketiga sistem ini terhubung agar perpindahan informasi dari transaksi bisa disampaika secara cepat.
1.       Jenis e-commerce
MatahariMall.com merupakan jenis e-commerce business to consumer. Karakteristiknya yaitu informasinya terbuka umum, servis yang digunakan bersifat umum sehingga dapat digunakan banyak orang, dan servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
2.       Sistem O2O (online to offline dan offline to online)

Sistem O2O merupakan sistem transaksi pembelian barang oleh customer melalui online dan melakukan pembayaran dan pengambilan barang di tempat yang bisa kita tentukan. Cara kerja sistem transaksi ini yaitu, pertama dengan memilih barang yang akan kita beli lalu pilih opsi dan menentukan lokasi dimana kita akan mengambil barang tersebut. Kedua pilih opsi pembayaran, apakah membayar dengan cara tranfer bank, dengan credit card, atau membayar langsung di tempat kita menentukan akan mengambil barang tersebut pada waktu pengambilan. Ketiga kita akan menerima e-mail atau sms pemberitahuan bahwa barang sudah bisa diambil. Keempat datang ke tempat pengambilan barang yang telah ditentukan dengan membawa dokumen bukti pembayaran (jika melalui transfer bank).
3.       Sistem Cash On Delivery (COD)
Transaksi Pembayaran konsumen/pembeli sepakat dengan penjual untuk membayar ketika barang yang dibelinya sampai ke alamat pengiriman. Alamat ini bisa alamat rumah atau alamat kantor di mana memang anda sedang berada di sana.
4.       Cara Melakukan Transaksi di MatahariMall.com
a.       Buat Akun. Untuk dapat bertransaksi anda harus membuat akun terlebih dahulu cukup dengan mengisi formulir elektronik dengan menggunakan data email, nama dan tanngal lahir anda. Proses ini tanpa biaya sepeserpun (gratis).


b.      Pilih barang yang akan anda beli dan anda sukai. Anda bisa mencari di bar “search” atau pilih “kategori” agar memudahkan anda dalam proses pencarian barang.


c.       Setelah anda menemukan barang yang anda butuhkan klik pada gambar barang tersebut. Barang tersebut akan secara otomatis masuk dalam daftar belanja/troli akun anda.

d.      Pilih spesifikasi seperti ukuran dan kuantitas barang yang akan anda beli.
e.      Lalu pilih lanjutkan ke pembayaran.
f.     Setelah itu anda memilih metode pengiriman apa yang ingin anda gunakan. Ada dua pilihan metode pengiriman.
·         Mengirim ke alamat rumah/kantor anda. Anda cukup mengisi alamat rumah/kantor anda. MatahariMall.com akan mengirim menggunakan jasa pengiriman yang telah terintegrasi dengan sistem yaitu JNE dan Acommerce
·         Ambil di toko/elocker (O2O). Anda memiilih toko yang tersedia (dekat dengan lokasi anda), toko yang anda pilih merupakan tempat dimana anda bisa mengabil barang yang anda pesan tadi. Setelah anda memilih, sistem pesanan akan terintegrasi dengan sistem persediaan (gudang) guna mengetahui apakah barang tersebut tersedia di toko tersebut atau tidak. Setelah itu (jika tersedia) anda akan dikonfirmasi lewat e-mail/sms bahwa barang anda telah siap.

g.       Barang telah anda terima dan anda telah melakukan pembayaran
5.       Pembayaran di MatahariMall.com

a.         Selain menggunakan Sistem O2O dan COD tadi, pembayaran di MatahariMall.com  juga bisa dilakukan dengan transfer antar bank. Bank yang telah terintegrasi dengan MatahariMall.com antara lain : BCA, Mandiri, BRI,ATM bersama.
b.         Kartu kredit dengan cicilan 0%. Pada saat kita memilih barang, dalam catalog tersebut sudah tercantum berapa cicilan perbulan untuk barang tersebut jika anda hendak menggunakan kartu kredit
6.       Fitur lainnya
a.       MatahariMall.com terkoneksi dengan media sosial lain nya, seperti Facebook,Instagram, dan Twitter.
b.      MatahariMall.com menyediakan fitur live chat langsung dengan operator pada saat jam kerja. Jika bukan saat jam kerja anda bisa mengirim pesan singkat kepada operator. Anda bisa menanyakan langsung terkait barang-barang yang dijual di MatahariMall.com.
7.       Berjualan di MatahariMall.com
Selain berbelanja anda juga bisa menjadi rekan bisns (partner) dengan MatahariMall.com. anda cukup mengisi formulir pendaftaran dengan data nama lengkap anda, nama perusahaan anda, alamat perusahaan, dan jenis produk apa yang hendak anda jual. Disini ada 2 tipe partnership yang ditawarkan, yaitu DIY (Do-It-Yourself) dan Supply Only (Consignment).


untuk mengunjungi website MatahariMall.com klik disini


 Sumber :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/MatahariMall.com
  • http://handi.id/sistem-online-to-offline-o2o-itu-apa-ini-penjelasannya-infografik/
  • https://www.mataharimall.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar